Cara Menambah Follower Instagram Dengan Benar

Cara menambah follower instagram yang benar perlu kita ketahui. Seperti yang aku jelaskan di video sebelumnya, ada cara-cara untuk menambah follower dengan cepat bangat.

Lihat posting sebelumnya http://marketingsupercamp.com/cara-menambah-follower-instagram-dengan-cepat/

Tapi setelah aku juga praktekkan, akhirnya aku sama sekali nggak rekomendasikan ya. Ada akun IG ku yang di bekukan sama Instagram. Ada juga yang kemudian followernya banyak tapi nggak ada manfaatnya untuk bisnisku karena followernya banyak tapi ngaco.

Setelah riset dan belajar ke beberapa instagram master, saya temukan 5 langkah ini yang paling tepat untuk menambah follower di IG yang sesuai dengan bisnis kita.

Jadi yuk ikuti pembahasannya berikut ini ya.

1. Ganti Nama IG

Cara pertama yang bisa aku sarankan adalah mengganti nama di IG. Gunakan nama yang mengandung kata yang kemungkinan di cari orang. Misalnya tedy sitepu | business coach, nah unsur business coach itu kan mungkin di cari orang saat membutuhkan jasa atau produk terkait. Kamu bisa gunakan business specialist, financial planner, make up artist, interior design, fitness trainer, fashion designer, atau wedding planner atau apa saja yang terkait dengan bidangmu.

Kenapa ini penting? Karena siap yang mau cari Tedy Sitepu? Apalagi kalau kita belum dikenal banyak lain.

Bayangkan kalau kamu pasang nama dengan kata yang memungkinkan di cari di Instagram dan muncul di hasil pencarian

Menulis Caption Yang Tepat

Langkah ke dua yang ingin aku sharing adalah menuliskan caption yang tepat dan bisa menarik minat calon follower mu. Iya sih…kita itu gampang tergoda untuk membuat posting tanpa caption yang pas. Kadang sama sekali nggak pakai caption, kadang buat caption yang gak punya arti jelas

Kenapa caption ini penting? Karena caption ini lah yang akan membuat orang membaca dan faham tentang kamu dan bisnis kamu. Kalau gambar yg kita posting memang yang menentukan orang berhenti menscroll IG, tapi caption lah yang membuat mereka terus berhenti dan memperhatikan postingan kamu.

Khusus untuk bisnis kita perlu menuliskan caption setiap posting kita dengan tepat. Ada tiga jenis caption yang saya pelajari dari para master instagram untuk bisnis. Pertama, jenis quicky misalnya….”produk ini keren banget,” “Mau bonusnya?” Kedua, jenis kalimat ringkas. Bisa satu atau 2 kalimat, misalnya “Alhamdulillah hari ini bisa memberikan 1 solusi masalah penjualan untuk klien. Kamu sedang punya masalah target penjualan?

Tipe ketiga, mini blog. Nah di tipe ini, kamu bisa menulis 200 kata lebih. Ya seperti mini blog begitu.

Kalau kamu pengen tahu cara menulis caption ini lebih detail klik link di deskripsi ya. Aku buatkan mini trainingnya di postingan IG aku @tedy.sitepu di bulan Oktober lalu.

Sekali lagi caption ini penting banget buat marketing kita di IG. Dengan caption yang bisa menjelaskan tentang kamu atau bisnis kamu maka, maka interaksi dan hubungan dengan calon customer bisa dibangun. Proses mengenal kamu, menyukai kamu, dan percaya kamu jadi lebih mudah dan cepat.

Kalau kamu perlu mendalami bagaiman proses mengenal, menyukai, dan percaya lewat IG, aku buatkan video lain yang khusus membahas proses itu. Proses itu dikenal juga dengan know, like, and trust.Menggunakan strategi hashtag yang tepat. Kebanyakan orang kalau posting di IG menggunakan hashtag dengan random, hanya menggunakan hashtag dengan jumlah posting yang paling banyak, atau malah nggak pakai hashtag sama sekali.

Menggunakan Hashtag Yang Benar

Hashtag ini penting untuk menentukan di mana postingan kamu nanti dimunculkan oleh Instagram. Jadi seperti label barang kalau di rak super market. Bayangkan kalau nggak pakai hashtag, dimana nanti orang cari  dan bisa menemukan konten kita itu?

Nah, menggunakan hashtag yang paling banyak jumlahnya juga nggak tepat. Karena dalam hashtag yang jumlah postingannya ada 1 juta misalnya. Maka kita seperti satu jarum di tumpukan jerami! Aku sendiri mengikuti saran Vanssa Lau untuk membagi hashtag dengan kategori yang sangat besar di atas 500k, medium di bawah 500k, kecil di bawah 100k, dan sangat kecil di bawah 50k.

Supaya hashtag ini efektif mendorong postingan kita ditemukan orang, maka kita perlu meramu hashtag yang pas. Ada hashtag yang populer kita gunakan, ada hashtag yang spesifik pada bisnis kita, kemudian hashtag terkait dengan lokasi kita, hashtag brand, dan hashtag kompetitor. Lengkapnya tentang hashtag kamu juga bisa temukan di postingan IG ku ya. Aku buat mini training di postingan IG ku @tedy.sitepu.

Mention Orang Yang Tepat dalam Caption

Buat caption yang mention seseorang yang relevan dengan bisnis kamu. Apakah itu klien, peserta training, atau teman dan terutama kalau mereka juga punya follower yang banyak dan relevan dengan kamu.

Tapi mention ini bukan sekedar mention lho ya…tapi harus relevan dan memberikan manfaat untuk mereka.

Aku misalnya me-mention para leaders di satu jaringan networkmarketing, untuk memberitahu mereka kalau aku posting 1 materi yang mungkin berguna untuk mereka atau follower mereka.

Nah, sering kali efeknya mereka memberi comment terima kasih dan kemudian me mention lagi para follower atau teman-teman mereka untuk ikut mempelajari postingan yang aku berikan itu.

Nah, yang harus dihindari adalah me-mention seseorang yang  

Membangun Interaksi

Tips yang kelima adalah membangun engagement. Algoritma IG sekarang sangat menyukai engagement. Apa itu engagement? Enggagement itu adalah interaksi lewat like, comment, DM, atau mention, atau repost. Makin tinggi tingkat interaksi kita lewat semua itu makin tinggi ranking postingan kita. Sehingga IG mungkin membantu kita menyebarluaskan lagi konten kita kepada orang-orang yang tidak follow kita.

Kalau aku perhatikan di postingan Igku yang engagement nya tinggai, maka jangkauan/reach dari postingan itu bisa membuat postingan itu dilihat 50% lebih oleh orang yang bukan follower. Nah ini kan menambah potensi makin banyak follower baru.

Selain meningkatkan reach dari postingan kita, dengan interaksi yang baik ini, follower kita akan lebih memahami kita dan bisnis kita. Dan pada akhirnya ini akan membantu para follower untuk memahami kita dan menyukai kita. Lalu pada akhirnya mereka menyukai kita.

Penutup

Nah kita sudah bahas 5 tips untuk menambah follower kita dengan cepat dan tepat. Bukan hanya follower yang banyak tapi juga yang tepat sesuai dengan bisnis kita. Nah pertanyaannya sekarang, bagaimana kita bisa membuat content, membuat caption yang menarik,  menemukan hashtag yang tepat, membangun interaksi itu? Pasti kamu kepikiran ini bakal repot banget kan?

Di video yang akan datang aku akan bahas bagaimana membuat planning itu semua, jadi nggak ngeropotin kita setiap hari mikirin foto, caption, hashtag, dan hal-hal lain untuk Instagram ini. Jadi pastikan kamu subscribe channel ini dan klik tombol loncengnya supaya nggak ketinggalan video berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *