Cara Mencari Tema Tulisan Menarik Untuk Blog (3 Tools Gratis)

Cara mencari tema tulisan untuk blog sangat penting. Terutama untuk efektivitas strategi content marketing Anda. Setelah tahu cara membuat blog, mungkin sering kehabisan ide untuk membuat tulisan di blog. Dari posting ini Anda akan mengetahui 3 tools online untuk strategi content marketing, tanpa menggunakan jasa SEO.

Sumber: spectruss.com/ultimate-content-marketing-plan/

Mengapa Perlu Menulis Content di Blog

Cara kita berbelanja sekarang sudah sangat berubah. Apa yang kita lakukan sekarang jauh sekali berbeda dari 10 tahun yang lal. Bahkan dari 2-3 tahun yang lalu.

Coba ingat-ingat, terakhir Anda berbelanja! Begitu kita merasa butuh sesuatu, yang pertama kita cari adalah hape. Trus, kita ke Google, Tokopedia, Bukalapak, atau OLX. Kadang-kadang juga kita ke Youtube untuk mencari informasi, perbandingan produk, atau tutorial memilih produk tertentu.


Ya semua sudah berubah.

Karena itu penting sekali untuk kita memulai upaya marketing di internet. Dan salah satu strategi marketing secara online yang paling efektif adalah content marketing.

Content Marketing

Kira harus memahami cara membuat website yang benar. Terutama saat menyiapkan content. Content Marketing Institute memberikan arti content marketing sebagai berikut:

Content marketing is a marketing technique of creating and distributing valuable, relevant and consistent content to attract and acquire a clearly defined audience with the objective of driving profitable customer action

Artinya, konten marketing adalah suatu teknik marketing dengan membuat dan menyebarkan konten yang bernilai, relevan, konsisten untuk menarik dan mendapatkan audiens yang dituju – dengan tujuan mengarahkan action yang menguntungkan.

Nah jelas bukan, konten menjadi bahan utama strategi marketing . Artinya, kita perlu membuat konten.

Apa itu koten? Konten adalah semua yang dibuat dan diupload ke sebuah website, bisa berupa kata-kata, gambar, tools, dan segala sesuatu yang ada di website tersebut.

Dan konten yang menarik audiens sangat penting untuk strategi kita.

Mengapa content marketing penting? Bisa di baca lagi di materi blog sebelumnya yang berjudul Content Marketing Dan Mengapa Harus Menerapkannya Di Tahun 2019.

Masalahnya, sering kali kita yang baru memulai content marketing kesulitan menemukan tema tulisan yang cocok dengan bidang atau produk kita. Sudah mutar-mutar cari ide, tidak ketemu juga.

Kalaupun ketemu ternyata tidak banyak diminati audiens kita. Akhirnya konten yang kita buat dengan susah payah tidak ada yang mengkonsumsi.

Apakah ada cara yang efektif untuk menemukan ide konten yang akan kita buat? Ada nggak cara bagaimana agar konten kita memang dikonsumsi audiens?

Jawabnya ada! Dan GRATIS pula. Anda pasti senang mendengar kata gratis ini kan?

Berikan Konten Yang Memang Dicari Audiens

Kunci agar konten kita beresonansi dengan audiens adalah memberikan apa yang mereka cari. Kalau kita berikan sesuatu yang dicari audiens pasti konten itu akan dikonsumsi.

Artinya blog kita dibaca, postingan kita mendapat interaksi like, comment atau shar, atau video kita di Youtube di tonton.

Dari mana kita tahu ada audiens yang mencari tema konten tertentu? Jawabnya adalah dari keywords yang mereka masukkan ke mesin pencari tentunya.

Seperti kita, kalau calon audiens kita butuh sesuatu mereka mengetiknya di mesin pencari. Apa yang mereka ketik itulah yang perlu kita ketahui.

Nah 3 tools yang akan kita bahas ini adalah alat yang efektif untuk mendapatkan informasi kata-kata atau tema yang terkait dengan keywords tertentu yang di cari di Google atau situs pencari lainnya.

Mencari Tema Tulisan untuk Blog Ide Menulis Content Marketing

Oke, langsung saja kita bahas 3 tools yang sangat efektif digunakan untuk mencari tema tulisan. Dan yang terpenting gratis.

Keyword Planner dari GoogleAds

Tools yang pertama adalah Keyword Planner dari Google Adwords. Bagaimana cara kita mendapatkan layanannya? Caranya mudah!

Mulailah dengan browser Anda. Kunjungi website mereka di http://ads.google.com. Lalu isikan semua data yang diminta. Selanjutnya Anda akan diminta mengisikan data-data pribadi termasuk NPWP dan cara membayarnya.

Anda bisa isikan sesuai dengan data sebenarnya, atau Anda bisa buat data dummy sekedar untuk mengaktifkan akun Anda. Setelah akun Anda aktif, Keyword Planner nya langsung bisa digunakan.

Dengan mengetikkan kata yang ingin diriset, Anda akan mendapatkan ratusan atau bahkan ribuan kata-kata kunci yang terkait. Lalu Anda juga akan mendapat informasi jumlah pencarian dengan kata itu setiap bulannya.

Anda juga akan mendapatkan informasi nilai iklan untuk setiap tayang atau setiap klik. Tapi sementara kita tidak gunakan informasi itu ya. Yang penting sekarang Anda tahu apa saja kata-kata kunci yang terkait dengn bidang atau produk Anda.

Misalnya Anda adalah seorang guru musik. Lalu Anda ingin membuat konten agar bisa memberi awareness tentang program kursus musik kepada calon konsumen.

Anda bisa mencari kata-kata apa saja yang sudah dicari audiens Anda terkait “belajar musik”. Nah, ketikkan saja kata “belajar musik” di Keyword Planner itu.

Setelah diketik kata “belajar musik” Anda akan melihat hasilnya seperti di bawah ini.

Hasil Riset Untuk “belajar musik”

Anda dapat melihat hasil riset Keyword Planner yang kita lakukan untuk kata kunci “belajar musik”. Keyword Planner memberikan ratusan sampai ribuan hasil pencarian yang terkait dengan keywords “belajar musik”.

Selain kita mendapatkan keywords yang terkait, kita juga mendapatkan rata-rata pencarian perbulan untuk kata itu, harga iklan yang termurah, dan yang tertinggi.

Sementara kita tidak akan gunakan informasi itu, kecuali ide keywords saja.

Dari kata-kata itu Anda bisa menemukan ide untuk tuilsan konten Anda. Misalnya, ada pencarian yang banyak setiap bulannya dengan kata: “belajar main piano tanpa guru”. Nah kata itu bisa Anda gunakan untuk judul tulisan bukan?

Anda bisa mencoba melakukan riset keywords dengan kata-kata Anda sendiri.

KWFinder.Com

Tools yang kedua, adalah KWFinder.com. Saya perhatikan sebenarnya haislnya mirip dengan Keyword Planner dari Google.

Hanya saja di KWFinder kita bisa mendapat informasi yang lebih lengkap. Dan cara daftarnya gak seribet GoogleAds.

Cara menggunakan layanan ini juga sangat gampang. Anda tinggal menggunakan browser dan mengetikkan alamat mereka: kwfinder.com.

Seperti semua alat di internet, Anda akan diminta mendaftar dan mengisikan data-data email dan sejenisnya.

Setelah akun aktif, Anda dapat menggunakan KWFinder.

KWFinder ada yang versi bayar dan ada yang gratis. Dan tentu saja ada perbedaan fasilitas kalau bayar dan tidak bayar. Untuk kita yang masih belajar dan tidak terlalu intensif menggunakannya, versi gratisnya juga cukup sebenarnya.

Yuk kita mulai mencari keywords yang terkait bisnis. Kita gunakan kata kunci yang sama “belajar musik”. Kari kita lihat hasilnya seperti di bawah ini.

Hasil riset dengan keywords “belajar musik”

Dengan mengetikkan kata yang ingin Anda cari di kolom yang tersedia, KWFinder akan menghasilkan informasi jumlah pencarian setiap bulannya, tingkat kompetisi iklan lewat Adwords, dan tingkat kesulitan menggunakan kata tersebut.

Pada KWFinder, Anda juga dapat menemukan situs-situs utama yang menggunakan keywords itu.

Untuk saat ini kita akan fokus pada informasi ide keywords ya. Untuk informasi soal trend, Search, CPC, PPC, dan KD akan kita bahas diposting berikutnya.

Answerthepublic.Com

Tools yang ketiga adalah Answerthepublic.com. Ini alat yang unik. Begitu Anda masuk ke website mereka di answerthepublic, Anda akan segera disambut orang tua yang nyentrik. Anda bisa mendaftarkan diri dengan mudah.

Ikuti prosedur yang akan dipandu oleh website mereka.

Untuk mencari informasi tentang kata yang akan di jadikan keyword, sama seperti tools sebelumnya. Cukup ketik kata yang ingin kita cari di kolom yang tersedia.

Nah, Anda akan mendapatkan banyak skema yang menunjukkan kata-kata terkait keywords Anda.

BTW, mengapa hasilnya sedikit? Mungkin tadi Anda memasukkan kata dalam bahasa Indonesia.

Coba sekarang ganti kata itu dengan bahasa Inggris. Anda akan mendapatkan rangkaian kata yang luar biasa. Anda mendapat grafik judul-judul yang terkait. Ada paduan kata yang menggunakan “dan”, “atau” “tanpa”, “dengan”.

Ada juga paduan kata-kata yang menggunakan perbandingan, kata negatif, dan banyak lagi.

Gak jelas maksudnya? Anda bisa lihat grafik dan daftar kata, frasa, atau judul yang ditemukan tool Answerthepublic.com ini.

Memang hasilnya dalam bahasa Inggris. Tapi kan setelah dapat idenya kamu bisa langsung terjemahkan.

Misalnya ide dari hasil di atas menunjukkan learning music and the brain kita bisa buat judul artikel Belajar Musik dan Pengaruhnya Pada Otak Kita.

Atau hasil yang menunjukkan “learning “learning music by heart” kita buat jadi judul blog “Belajar Musik dengan Hati”.

Kesimpulan 3 Tools Untuk Keywords

Bagaimana? Hasilnya dahsyat kan! Dari 3 tools gratis ini dijamin Anda gak akan kehabisan ide menulis atau membuat konten.

Nah setelah dapat ide untuk konten, selanjutnya Anda akan menulis kontennya kan? Bagaimana cara menulis yang gampang? Lebih dari itu bagaimana cara menulis yang gak buat bosan pembacanya?

Sabar…saya akan segera sharing bagaimana teknik menulis konten yang asyik. Cara yang mudah dan gak buat bosan!

Klik link subscribe email dari saya supaya gak ketinggalan jadwal terbitnya.

One thought on “Cara Mencari Tema Tulisan Menarik Untuk Blog (3 Tools Gratis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *