Bagaimana Cara Berguru ke Para Ahli Dunia dengan Gratis?

Pernah mimpi kuliah ke kampus terkenal di dunia? Atau pernah punya cita-cita belajar dari ahli-ahli kelas internasional? Dengan Podcast semua bisa itu bisa Anda dapatkan!

 

 

Apa Itu Podcast?

Podcast adalah rekaman suara atau percakapan para ahli di bidangnya yang diupload ke internet. Jadi seperti siaran radio, tapi lewat internet. Banyak podcast yang berisi materi pembelajaran yang sangat bagus dan penting. Tema podcast sangat bervariasi mulai soal manajemen, marketing, leadership, internet marketing, keagamaan, pelajaran bahasa, dan tema-tema lainnya.

 

Mengapa Podcast Menjadi Sangat Popular di Negara Maju?

Karena pertama, podcast biasanya dibuat oleh para pakar di bidangnya. Jadi materinya umumnya sangat berisi dan mendalam membahas bidangnya. Tidak seperti blog yang ditulis lebih singkat. Kedua, karena disampaikan dengan pembicaraan, penjelesaan juga bisa lebih komprehensif dan lebih personal dibanding tulisan blog. Ketiga, lebih mudah didengar karena tetap bisa dilakukan sambil bekerja, berjalan, tiduran atau menyetir. Tidak seperti video lewat youtube yang harus menghentikan semua aktivitas untuk melihatnya. Keempat, karena hanya berisi suara bisa dibuat dalam waktu yang panjang namun filenya tetap kecil.

Di negara-negara maju mendengarkan podcast sudah menjadi kebiasaan dan tren di masyarakat. Mengkonsumsi content materi pembelajaran dari internet bahkan menjadi kebutuhan penting. Sehingga penyedia content pun tumbuh berkembang. Sementara, di Indonesia mendengarkan podcast masih sangat jarang. Termasuk juga content providernya yang masih sangat jarang.

Namun kondisi ini tentu tidak membuat kita patah semangat. Kita masih bisa mendapat kontent pembelajaran yang baik dari podcast. Dari ribuan layanan podcast yang tersedia, ada beberapa yang saya rekomendasikan untuk Anda dengarkan. Podcast itu dikemas dengan kualitas yang bagus, baik kualitas suaranya, format acaranya, dan isi materinya.

 

5 Podcast Yang Paling Sering Saya Dengar

1. The Tony Robbin Podcast, linknya: https://itunes.apple.com/id/podcast/the-tony-robbins-podcast/id1098413063?mt=2

2. The Ray Edwards Show, linknya: https://itunes.apple.com/id/podcast/ray-edwards-show-how-to-start-run-grow-your-own-internet/id263185014?mt=2

3. Marketing Online Made Easy, Amy Porterfield, linknya: https://itunes.apple.com/id/podcast/online-marketing-made-easy-with-amy-porterfield/id594703545?mt=2

4. Entrepreneur On Fire, John Lee Dumas, linknya: https://itunes.apple.com/id/podcast/entrepreneur-on-fire-john-lee-dumas-chats-tim-ferriss/id564001633?mt=2

5. The Ziglar Show, Inspiring Your True Performance, linknya: https://itunes.apple.com/id/podcast/the-ziglar-show-inspiring-your-true-performance/id192820274?mt=2

Sebenarnya masih sangat banyak podcast yang isinya keren banget. Lima podcast di atas yang paling sering saya dengarkan.

Nah bagaimana kalau Anda tidak menggunakan produk-produk Apple? Apakah tidak bisa mengakses layanan podcast itu?

Tentu saja bisa! Anda cukup mengakses layanan Stitcher dari https://www.stitcher.com anda bisa registrasi dan anda sudah bisa mendengarkan podcast dari seluruh dunia.

Untuk Anda yang menginginkan akses podcast dari handphone Anda juga sangat mudah. Untuk handphone produk Apple sudah otomatis tersedia aplikasi Podcast. Sedangakan untuk produk Android, anda masih perlu download aplikasi podcast dari Play Store. Yang saya gunakan adalah Podcast Addict.

Semua podcast itu berbahasa Inggris. Nah..untuk Anda yang labih mudah mendengar yang berbahasa Indonesia bisa mendengarkan podcast yang kami terbitkan: Marketing SuperCamp. Ini link nya kalau akses pakai produk Apple, Mac, iPhone, iPad
https://itunes.apple.com/id/podcast/marketing-supercamp/id1078170771?mt=2

Dan ini link untuk Anda yang mengakses dari alat lainnya https://soundcloud.com/tedy-j-sitepu

 

Belajar Seumur Hidup dengan Podcast

Sekolah berbeda dengan belajar. Masa sekolah ada akhirnya. Setelah tamat maka sekolahpun selesai. Tapi tidak dengan belajar. Belajar tidak mengenal batas akhir, dan terus kita butuhkan selama kita hidup. Bagi mereka yang memandang penting pembelajaran seumur hidup podcast adalah sumber pendidikan yang gratis namun sangat bermanfaat.

Anda akan sangat rugi bila tidak mulai mendengarkan podcast. Bagaimana tidak rugi kalau kuota internet Anda hanya digunakan untuk menonton video gosip, film-film tidak bermutu, atau hanya chatting yang tidak bermanfaat. Padahal ilmu-ilmu kelas dunia siap hadir ke dalam genggaman tangan Anda!

Tunggu apalagi, yuk segera dengarkan podcast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *