5 Aplikasi Android Gratis Untuk Marketing Online

Kamu menggunakan strategi marketing online? Di postingan ini kita akan membahas 5 aplikasi android yang sangat penting untuk marketing online kamu. Kita akan membahas apa saja aplikasinya, apa yang bisa dilakukan dengan aplikasi itu, dan bagaimana cara mendapatkannya di hape kamu.

Kamu yang menjalankan strategi marketing online tentu sangat mengandalkan hape ditanganmu. Dengan hape itu, kamu bisa mencari, mendekati, dan melakukan kontak dengan calon customermu (prospek).

Tentu saja kamu harus memiliki alat yang tepat untuk menjalankan strategi itu. Dan alat itu sebenarnya adalah aplikasi di hape itu sendiri.

Nah, kita akan bahas 5 aplikasi Android yang paling banyak digunakan oleh marketer online. Dan tentu saja kamu juga harus memilikinya.

1. Whatsapp

Siapa sih yang tidak kenal Whatsapp? Hampir semua pengguna hape pasti menginstall Whatsapp (WA) di hapenya.

Image result for whatsapp

WA adalah aplikasi untuk melakukan chat dengan pengguna WA lainnya. Tentu saja secara online. Dan asyiknya layanan WA ini adalah gratis. Menggunakannya mirip seperti SMS.

Sebagai marketer kamu pasti butuh mengirimkan gambar, dokumen, rekaman suara atau video. Nah, WA bisa melayani semua hal itu.

Jadi, kalau kamu mau mengirimkan gambar produk atau rekaman demo pemakaian produk itu, kamu tinggal klik, dan aktifkan WA. Selanjutnya pilih apa yang ingin kamu kirimkan ke prospek.

Kalau kamu butuh pembicaraan yang panjang, kamu bisa telepon mereka lewat WA. Jadi biart bicara berjam-jam tarifnya akan sangat murah. Karenan hanya menggunakan kuota internet kamu.

Bandingkan kalau kamu harus menggunakan telepon biasa. Bisa kena tagihan ratusan ribu atau bahkan jutaan kalau lama berbicara dengan prospek.

Asyik bukan? Dan tentu akan sangat membantu kamu dalam memberikan penawaran.

Image result for whatsapp

Selain berbagi file, di WA ini kamu juga bisa membuat grup. Jadi setiap prospek bisa kamu kategorikan dalam grup tertentu.

Mereka yang baru kenal, kamu bisa masukkan dalam grup baru. Sehingga bahasannya bisa nyambung.

Yang sudah lama kenal, kamu masukkan dalam grup lainnya. Sehingga disitu pembahasan yang kamu lakukan bisa lebih dalam dibanding dari grup yang masih baru.

Jadi, aplikasi WA ini wajib banget kamu harus punya.

2. Telegram

Telegram adalah layanan chatting yang mirip WA. Telegram bisa kita gunakan untuk chatting sma seperti WA. Mengirim file gambar, dokumen, suara, atau video. Dan kamu juga bisa melakukan voice call seperti telepon.

Kalau begitu, sama saja dong WA dengan Telegram! Eits…tunggu dulu. Telegram punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki WA.

Image result for telegram

Yang paling penting perbedaannya adalah jumlah maksimal untuk grup di Telegram sangat banyak. Bahkan bisa sampai 10.000 orang.

Kalau kamu butuh jumlah yang lebih, bisa menggunakan fasilitas “channel” dari Telegram. Dengan membuat channel ini, orang yang bisa kamu undang dan ikut menyimak channel Telegram ini tidak terbatas.

Asyik kan?

Telegram ini sangat efektif untuk membangun audiens untuk produk dan brand kamu. Mereka yang sudah terbiasa mengikutimu di channel Telegram akan lebih mudah kita berikan penawaran.

Image result for telegram

Tokoh pembicara publik, ulama, artis, dan digital marketer sudah banyak yang menggunakan channel Telegram ini. Saatnya kamu juga menggunakannya.

3. Snapseed

Aplikasi yang ketiga ini jelas sangat berbeda dengan aplikasi WA dan Telegram. Aplikasi ini adalah untuk mengolah foto. Supaya lebih menarik untuk menjadi media di dalam marketing digital kita.

snapseed untuk digital marketing

Seperti yang kita tahu, media sosial, iklan internet, blog atau media lainnya jelas tidak akan menarik tanpa foto. Karena itulah setiap hape sekarang dilengkapi dengan kamera yang sangat canggih.

Beberapa kamera hape malah menghasilkan gambar yang lebih bagus dari kamera digital lainnya. Tapi tentu saja, kadang-kadang kita perlu mengedit fotonya.

Dari hal simple memotong bagian yang tidak diperlukan atau istilahnya di crop. Atau menambah cerah warna foto. Atau memutar foto yang miring, dan banyak lagi proses edit yang kita perlukan.

Untuk keperluan itulah snapseed harus kita install di hape Android kita. Usahakan foto yang kita gunakan dalam digital marketing selalu yang bagus.

Image result for snapseed

Kalau sebelum jaman hape Android kita mengedit foto di Photoshop, maka sekarang kita cukup menggunakan hape dan mengeditnya di Snapseed.

4. Adobe Spark Post

Kalau kamu sudah punya foto, text, dan logo yang ingin kamu jadikan bahan marketing digital, maka butuh Adobe Spark Post. Kita singkat dengan Spark Post ya. Dengan aplikasi ini di hape, kamu serasa memiliki designer grafis pribadi.

Image result for spark post

Dengan aplikasi Spark Post kita bisa membuat konten visual yang menawan dan siap di share ke berbagai platform. Apakah itu Instagram, Facebook post, Insta Story, website, atau iklan digital, dan bentuk-bentuk lainnya.

Aplikasi ini FREE…ya betul gratis. Kamu bisa install dan langsung gunakan di hape kamu. Beberapa layanan memang tersedia untuk versi premium alias berbayar nya. Tapi aku yakin dengan yang versi free aja kamu sudah cukup buat konten visual yang cantik banget.

Image result for spark post

Apa saja yang ada di Spark Post? Yang paling penting di aplikasi ini adalah segudang template design siap pakai. Ada yang untuk banner, untuk iklan, untuk posting di media sosial.

Ada template layout yang berupa kolase foto-foto. Ada juga yang paduan antara foto dan text. Dan koleksi warna-warnya itu lho…keren banget.

Jadi misalnya kamu butuh membuat undangan seminar untuk produkmu dan akan diposting di Facebookmu. Gampang…kamu langsung bisa buat undangan itu dengan ratusan template yang sudah tersedia.

Pilih saja satu templatenya, lalu ganti gambar dan text nya sesuai kebutuhanmu. Itu saja! Selanjutnya kamu tinggal proses dan download hasilnya.

Image result for spark post

Di aplikasi ini juga kita bisa menemukan kategori jenis template. Ada yang untuk ucapan selamat hari-hari besar. Ada yang template posting tentang lifestyle. Ada juga template layout untuk bisnis, sekolah, travel, dan lainnya.

Asyik kan? Berikut ini contoh-contoh postingan saya yang pake Spark Post.

5. Google Drive

Fungsi aplikasi ini adalah untuk hardisk, menyimpan file-file kamu secara online. Jadi misalnya kamu punya foto-foto produk atau video demo untuk produkmu, bisa disimpan di Google Drive.

Image result for google drive

Dengan modal Google Drive kamu tidak perlu bawa komputer atau laptop, hardisk atau flashdisk ke mana-mana. Kalau kamu perlu memberikan file itu ke prospek, cukup kamu berikan link untuk melihat file itu atau untuk mendownloadnya. Gampang kan?

Apakah Google Drive ini gratis? Ya…layanan ini gratis untuk sampai 15 Gigabyte. Ingat lho ya 15 GB.

Itu ukuran kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Untuk foto bisa menampung jutaan foto. Kalau film bisa ratusan video. Apalagi kalau cuman menyimpan file dokumen presentasi, word, atau PDF. Lebih dari cukup!

Image result for google drive

Layanan ini juga otomatis kita dapat kalau kita sudah punya layanan Gmail. Jadi gak ada alasan kalau kamu gak punya Google Drive.


Nah, 5 aplikasi Android yang kita bahas tadi pasti akan sangat membantu kamu menjalankan strategi digital marketing. Dan sebagian besar layanan gratis. Rugi banget kalau kamu gak mulai menggunakan aplikasi itu di hape mu sekarang.

Kamu sendiri punya aplikasi andalan selain kelima aplikasi tadi? Sharing dong aplikasinya apa, dan apa manfaatnya di kolom komen di bawah ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *