10 Quote Yang Paling Mengubah Hidup Saya

Setiap orang pasti pernah melewati masa sulit dalam hidupnya. Ya pada saat itu, kita merasa lemah, semuanya menjadi salah, dan tidak ada harapan yang bisa menjadi pegangan kita. Saya, Anda, dan kita semua mengalaminya bukan?

 

Pada masa-masa sulit itu, sering pula muncul inspirasi yang membuka pikiran kita. Inspirasi itu seperti lentera yang memberikan kita arah jalan, walaupun samar terlihat namun memberi harapan kita untuk bangun dan berjalan lagi. Ispirasi itu menghidupkan energi dalam diri kita untuk terus berjuang keluar dari keterpurukan, bahkan menciptakan berbagai prestasi setelahnya.

Dengar episode ini lewat podcast

Salah satu inspirasi itu adalah kata-kata bijak dari orang-orang hebat sebelum kita. Biasa di sebut juga dengan quote. Tertulis singkat namun penuh makna. Quote itu muncul dalam buku-buku, postingan teman-teman di media sosial, atau sekedar menjadi hiasan dinding di restoran atau tempat lainnya.

Dalam hidup saya ada 10 quote yang paling mempengaruhi saya. Baik saat dalam keadaan paling sulit, maupun dalam keadaan yang paling baik. Pada episode ini, saya ingin membagi 10 quote yang paling mempengaruhi hidup saya itu kepada Anda. Yang semoga saja juga memberi manfaat bagi Anda.

Di mulai dari urutan ke 10 hingga yang urutan 1 yang paling mempengaruhi saya.

10. Chance Favors the Prepared Mind -Louis Pasteur

Kutipan itu adalah kalimat Louis Pasteur. Saya temukan dalam sebuah buku yang saya baca di awal karir saya bekerja. Saat itu saya masih bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan pangkat paling rendah di sebuah kantor.

Begitu saya baca, kutipan itu sangat membekas di hati saya. Kata-kata pasteur dalam buku itu membuka mata saya untuk mempersiapkan masa depan saya dengan serius dan sepenuh hati. Sejak itu, saya selalu menyiapkan diri untuk tugas 1 tingkat di atas tugas saya saat itu. Dalam setiap kondisi saya bertanya-tanya dalam hati apa yang akan dilakukan atasan saya untuk menghadapi masalah ini.

 

9. Education is the passport to the future, for tomorrow belongs to those who prepare for it today -Malcolm X

Kata-kata Malcolm X ini memberikan inspirasi saya untuk terus menuntut ilmu sekuat yang saya mampu. Bila saya bisa, saya mengikuti pendidikan secara formal apakah itu sarjana atau S2, kursus, atau belajar secara otodidak. Saya sangat yakin bahwa kompetensi kita menentukan masa depan kita. Dan kompetensi sebaiknya kita siapkan sebelum kita membutuhkannya.

 

8. You will be the same person in five years as you are today except for the people you meet and the books you read -Charlie Jones

Kutipan dari Charlie Jones ini mendorong saya antusias membaca banyak buku. Buku dari bidang apa saja, termasuk mempelajari bahasa Inggris. Karena sebagian besar ilmu terbaik saat ini tulis dengan bahasa Inggris. Kata-kata ini juga mendorong saya bergaul dengan orang-orang yang hebat di bidangnya. Saya yakin, kalau saya ingin maju dan punya masa depan yang lebih baik saya harus bersama orang-orang yang hebat itu.

Karena saya tidak mau menjadi orang yang sama dengan saya di lima tahun yang lalu.

 

7. “You are the average of the five people you spend the most time with.” Jim Rohn

Masih senada dengan Charlie Jones di atas, kata-kata dari Jim Rohn ini memberikan saya inspirasi untuk mencari mentor-mentor terbaik dan teman-teman terbaik. Bagaimana kondisi kita saat ini perhatikan saja 5 orang yang paling dekat dengan kita saat ini. Itulah rata-rata prestasi yang bisa kita capai.

Ubahlah orang terdekat Anda, maka Anda akan mengubah prestasi, apakah itu pekerjaan, penghasilan, hasil karya, jejaring, dan bidang apapun dalam kehidupan Anda.

 

6. Nothing great was ever achieved without enthusiasm -Ralp W. Emerson

Kutipan dari Ralp Waldo Emerson ini memberikan saya inspirasi bahwa prestasi besar hanya bisa dicapai saat kita antusias. Tidak ada perkerjaan yang remeh yang tidak memberi dampak pada perusahaan atau organisasi kalau dikerjakan dengan antusias. Sebaliknya tidak ada pekerjaan besar yang bisa memberi arti kalau dikerjakan dengan tidak antusias. Ada seorang waitress di sebuah restoran yang saya kenal, mengerjakan tugasnya dengan antusias. Antusiasme nya itulah yang menghidupkan suasana restoran. Caranya menerima tamu, menyapa mereka, mencatat order, menyarankan suatu menu, dan menghidangkan sangat menarik hati! Menurut saya itulah yang menjadi ruh restorannya, yang memikat banyak pengunjung setiap harinya.

Karena itulah saya selalu antusias dengan tugas apapun yang diamanahkan kepada saya.

 

5. Kalau Anda Ingin Berjalan Cepat Pergilah Sendiri, Kalau Anda Ingin Berjalan Jauh Pergilah dalam Kelompok -Pepatah Afrika

Salah satu inspirasi yang memberikankan saya makna penting sebuah organisasi. Ini menyadarkan saya bahwa tidak mungkin saya berjalan mencapai cita-cita saya sendirian. Saya harus berada bersama organisasi, perusahaan, atau tim. Dan karena itu, memahami tim, sifat-sifat mereka baik positif ataupun yang negatif menjadi penting. Dan yang lebih penting lagi ini menyadarkan saya bahwa kitalah yang harus membangun tim itu, mendidiknya, dan menjaga kekompakannya.

 

4. Leadership is solving problems. The day soldiers stop bringing you their problems is the day you have stopped leading them. They have either lost confidence that you can help or concluded you do not care. Either case is a failure of leadership -Colin Powell

Perlahan dalan perjalanan karir dan hidup saya beban kepemimpinan datang. Semula semuanya terasa menjadi lebih berat. Karena kita tidak hanya memikirkan diri sendiri tapi orang-orang yang kita pimpin. Seperti kata Colin Powell di atas, saat itulah terasa semua orang membawa masalahnya kepada kita. Soal tugas kantor, soal perbedaan pendapat di antara tim, soal ketidakmampuan mereka memikul beban tugas, soal hubungan keluarga mereka, dan apapun yang dapat mereka bawa kepada kita.

Saat itu terjadi, kepemimpinan kita telah dimulai. Sebaliknya saat mereka tidak lagi membawa masalahnya pada kita, saat itulah hilangnya kepemimpinan kita. Kata-kata Colin Powel inilah yang membuat saya tidak mengeluhkan masalah apapun yang dibawa orang-orang di dalam tim kepada saya.

 

3. Manusia Adalah Tempat Salah dan Lupa -Nabi Muhammad SAW

Perkataan ini menjadi dasar saya selalu melakukan check dan recheck pada tugas, pesan, atau perintah yang saya berikan kepada seseorang. Asumsi yang menganggap semua pasti beres seringkali membawa bencana. Apakah itu tidak terlaksananya suatu pekerjaan, atau terlaksananya tugas itu dengan salah.

Hal itu juga yang saya pesankan kepada tim saya dalam berinteraksi kepada rekan kerja atau bawahannya. Setiap orang cenderung salah dan lupa, sampai terbukti mereka tidak salah dan tidak lupa. Percaya adalah baik, memeriksa untuk memastikan itu lebih baik lagi.

 

2. Setiap Orang Adalah Pemimpin, dan Setiap Pemimpin Akan Ditanya Tentang Apa Yang Dipimpinnya, Nabi Muhammad SAW

Kerjakan apapun yang ditugaskan kepada kita dengan sebaik-baiknya. Kerjakan dengan baik saat diawasi ataupun tidak diawasi. Karena kita akan bertanggung jawab, baik di dunia maupun di akhirat tentang apa yang kita kerjakan.

Dan karena kita adalah pemimpin maka tidak ada alasan kita tidak mengerjakannya dengan tidak baik. Apakah karena alasan pengaruh orang lain, atau keterbatasan waktu, tenaga, dan sarana. Tugas kitalah mencari jalannya agar amanah yang telah kita terima dapat kita jalankan.

 

1. Orang yang Paling Cerdas Adalah Yang Mengingat Kematian -Nabi Muhammad SAW

Ucapan Nabi yang ini sangat penting bagi saya, baik dalam memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya atau dalam mengerjakan tugas-tugas. Kata-kata ini juga menjadi panduan saya memilih berbagai keputusan di saat genting. Ukurannya hanya satu, apa yang terbaik bagi saya bila nanti saya sudah mati? Apa pertanggungjawaban saya kalau nanti sudah mati? Perspektif kehidupan setelah kematian menjadi pembeda yang sangat jelas ketika menghadapi masalah sulit.

Tidak ada hal yang menjadi terlalu sulit ketika kita menempatkan diri dalam perspektif ini. Semua jalan terlihat dengan jelas, mana yang akan membawa kita pada jalan keselamatan atau membawa kita pada jalan kebinasaan.

Banyak titik dalam kehidupan saya terselamatkan dengan menimbang dalam perspektif ini.
Itulah 10 kutipan yang paling mempengaruhi hidup saya. Mereka hadir seperti titik terang yang memandu saya memilih keputusan dan menapaki jalan selangkah-demi selangkah. Itu juga yang memberikan saya inspirasi melakukan apa yang saya lakukan sekarang ini.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang paling mempengaruhi hidup Anda?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *